Jumat, 17 Juni 2016

Dua Persoalan yang Dialami Jakarta Menurut Sandiaga Uno

Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mempunyai pemetaan sendiri tentang masalah yang dihadapi Ibu Kota. Menurut dia, ada dua persoalan prioritas yang perlu dituntaskan pemimpin Ibu Kota di masa mendatang.

"Kedua persoalan itu adalah semakin tingginya harga kebutuhan pokok serta sulitnya memperoleh pekerjaan di Jakarta," ucap Sandiaga saat dijumpai wartawan di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Jumat (17/6).

Ia menuturkan, kenaikan harga kebutuhan pokok secara terus-menerus tak ubahnya ibarat bom waktu yang dapat menimbulkan masalah sosial lain yang lebih serius di kemudian hari. Karena itu, pemimpin Jakarta ke depan menurut dia harus bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok di pasar, sehingga masyarakat bisa makan setiap harinya.

"Jika nanti dipercaya mengemban amanah memimpin Jakarta, saya akan pastikan pasokan kebutuhan pokok tersebut sudah bisa didapatkan masyarakat sejak satu tahun sebelumnya. Dengan begitu, spekulan yang selama ini kerap mengambil untung 5-10 persen, tidak akan berani lagi bermain karena pasokan terjaga," ucapnya.

Persoalan prioritas lain yang mesti diselesaikan oleh gubernur DKI Jakarta di masa mendatang adalah menciptakan lapangan kerja. Sandiaga memperkirakan, lapangan pekerjaan di Jakarta akan semakin sulit diperoleh dalam enam bulan ke depan.

Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah dituntut agar selalu mampu menciptkan iklim yang kondusif dan sejuk untuk dunia usaha. Jika sampai terjadi gelombang PHK (pemutusan hubungan kerja) terjadi karena adanya perlambatan ekonomi, hal itu sudah pasti bakal menjadi masalah besar bagi Jakarta.

"Gubernur baru nantinya harus betul-betul mengerti bagaimana caranya mengendalikan harga komoditas di pasar dan menciptakan lapangan pekerjaan. Menurut saya, dua kriteria pokok itulah yang paling dibutuhkan untuk menyelamatkan Jakarta ke depan," ucap Sandiaga.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar