Rabu, 25 Mei 2016

Alasan Mengapa Sandiaga Uno Kandidat Kuat Penantang Ahok



Dari sekian nama yang bermunculan dalam pilgub, saya tertarik dengan satu nama. Satu nama ini yang saya yakin merupakan kandidat terkuat untuk maju di pilgub DKI menantang ahok (jika ahok sah mencalonkan diri). Nama tersebut ialah Sandiaga Uno.
Setidaknya ada 3 alasan yang membuat nama Sandiaga Uno begitu potensial dibandingkan dengan kandidat lainnya. Pertama, dari strategi politik Sandiaga Uno menerapkan politik demokrasi sejuk, dimana beliau lebih mengedepankan kesantunan dalam berpolitik. Berbeda dengan calon lain yang cenderung menjatuhkan dan mencari cari kesalahan lawan politiknya. Tentu hal ini secara tidak langsung membuat masyarakat tidak suka yang akhirnya menurunkan elektabilitas mereka.
Kedua, Sandiaga Uno lebih fokus untuk "menjual" program. Program yang diberikan kebanyakan tentang peningkatan kesejahterahan dan pengendalian harga pangan. Tentu hal ini berhubungan dengan latar belakangnya sebagai pengusaha, sehingga ide yang dikeluarkan menjadi lebih realistis dan dapat tercapai.
Ketiga, dari segi kapabilitas Sandiaga Uno sudah teruji. Kepemimpinan beliau sudah terbukti dengan berhasil membawa perusaannya hingga membuka 50.000 lapangan pekerjaan. Sandiaga Uno juga punya persamaan dengan gubernur Jakarta terdahulu yang kini menjadi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mereka sama sama mempunyai citra low profile dan berlatar belakang pengusaha. Seperti yang kita tau, Sosok Jokowi berhasil membawa perubahan baik itu di solo, Jakarta, hingga Indonesia. Berbagai gebrakan ia lakukan untuk menciptakan iklim investasi yang baik sehingga investor berbondong bondong datang ke Indonesia dan berdampak meningkatnya perekonomian nasional.
Memang, ada beberapa isu miring yang menerpa Sandiaga Uno seperti Panama Papers yang terkenal. Seringkali hal ini yang digunakan para hater untuk melakukan negative campaign. Hal tersebut akan saya bahas di lain kesempatan. Mungkin anda bisa membaca link berikut untuk sekedar refrensi : http://koran.bisnis.com/read/20160513/251/547045/panama-papers-berlayar-di-lautan-transparansi-dan-akuntabilitas

Note: tulisan ini juga dipublish di kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar