Rabu, 04 Mei 2016

Pengembangan Ekonomi Digital Menjadi Prioritas Kadin dan Kemenkop


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengembangkan Ekonomi Digital.
Program kerjasama tersebut bernama "Pendampingan UMKM Menuju Pasar Global Melalui Pemasaran Online".
Program ini terlaksana karena para pelaku UMKM di Indonesia masih kurang dalam memanfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini.
"Selama ini Kadin dan Kemenkop sama-sama memiliki peran strategis dan selalu berupaya memfasilitasi UKM, baik melalui pameran produk lokal, pelatihan dan pendampingan kewirausahaan, perluasan jaringan pemasaran serta peningkatan komoditi ekspor produk dan pembentukan lembaga kemitraan pembiayaan," ujar Sandiaga Uno, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia bidang Koperasi dan UKM.
"Sekarang saatnya mengimplementasikan program yang lebih terintegrasi antara pemerintah dengan swasta agar pengusaha lokal bisa berjualan dan terus berkembang. Bersiaplah menyaksikan pembangunan industri UMKM menuju kemajuan ekonomi digital di Indonesia," ujar Sandiaga.
Dalam program kerjasama ini, pengembangan ekonomi digital menjadi kunci dalam membangun UMKM.
Dalam proses pelaksanannya, Kadin dan Kemenkop akan memberikan edukasi mengenai dunia bisnis di sektor digital secara lengkap, serta mempersiapkan kebutuhan para pelaku usaha untuk bertahan dan terus tumbuh.
Dengan itu, diharapkan UMKM dan UKM di Indonesia semakin terampil memanfaatkan teknologi pemasaran online, agar menjadi lebih efektif dan maksimal.
"Semuanya punya serangkaian progran rutin. Semakin terintegrasinya program pemerintah bersama swasta, semakin sempurna juga upaya mewujudkan cita-cita UMKM yang tangguh dan berdaya saing," ujar Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar