Selasa, 31 Mei 2016

Sandi Uno Dorong UKM Bersaing Pasar Bebas

 

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjalin sinergi dengan pemerintah untuk  pengembangan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) ‎dan Koperasi. Kerja sama ini diharapkan bisa  mendorong  sektor  UMKM bersaing  di era pasar bebas.
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi Sandiaga S. Uno mengatakan, peran UMKM perlu diperkuat  agar bisa tumbuh dan mampu bersaing.  
“Penguatan  UMKM  bisa dilakukan dengan memberikan kemudahan untuk akses pembiayaan, regulasi, akses pasar, kemudahan berusaha hingga akses terhadap kemajuan teknologi dan digital,” kata Sandiaga dalampertemuan Pengurus Kadin Indonesia bidang UMKM Koperasi dengan Kadin Provinsi seluruh Indonesia dan Asosiasi, di Ballroom Kementeterian Koperasi UKM, Selasa (31/5).
Menurutnya, penguatan UMKM  sangat penting  karena sektor ini telah terbukti tangguh saat Indonesia mengalami krisis ekonomi pada 1998 dan 2008. Di saat perekonomian runtuh, kata Sandiaga, sektor UMKM mampu bertahan dan memberi sumbangan yang signifikan pada ekonomi saat itu.
"Jadi UMKM dan koperasi itu tak bisa dipandang sebelah mata,” katanya.
Ia berharap pelaku UMKM bisa mengikuti kemajuan teknologi agar bisa dimanfaatkannya dengan baik. "Nantinya mereka (pelaku UKM.red) bisa melakukan exposure dan menjaring konsumen lebih luas lagi," ucap Sandiaga. 
Meski demikian, sambung dia, UMKM dinilai masih memiliki berbagai hambatan yang patut menjadi perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait. 
Sebelumnya, Kadin telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dari pelaku UMKM.  Diantaranya, dengan mengembangkan  pola kemitraan antara UMKM dan ritel modern. 
Dalan progam ini, UMKM  didorong untuk mampu menciptakan barang-barang yang memiliki nilai tambah yang berkualitas tinggi. 
Kemudian, program pemasaran Sistem Online ukmmarket.co.id yakni pusat jual beli online yang fokus pada produk pada usaha kecil dan menengah

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar